Model Aplikasi Integrasi Hasil Produksi Ikan Berbasis Web Pada Dinas Kelautan Dan Perikanan

Penulis

  • Edo Dwi Novian STMIK Banjarbaru
  • Fadilah Fadilah STMIK Banjarbaru

Kata Kunci:

Aplikasi; Integrasi; Produksi; Ikan; Website

Abstrak

The Department of Marine Affairs and Fisheries of South Kalimantan Province is one of the SKPDs engaged in marine and fisheries in South Kalimantan Province. In managing and inputting data still using a manual system, this happens 2 times the work carried out by employees and can make the work double.With these problems, the solution planned in this study is to build applications to help facilitate work in terms of data management, information presentation and production data will be monitored by the department regarding fish production.The conclusion of the study is that with this application data management becomes more efficient and effective because it only performs 1 time inputting data besides that the presentation of information from both parties is integrated with each other, because this application has a database system that can be accessed via computer devices and connected to the internet.

Keywords: Application; Integrate; Production; Fish; Website

 

ABSTRAK. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan merupakan salah satu SKPD yang bergerak dibidang kelautan dan perikanan di Provinsi Kalimantan Selatan. Dalam melakukan pengelolaan dan penginputan data masih menggunakan sistem manual, hal ini terjadinya 2 kali pengerjaan yang dilakukan oleh pegawai dan dapat membuat pengerjaan menjadi ganda. Dengan permasalahan tersebut solusi yang direncanakan dalam penelitian ini membangun aplikasi untuk membantu mempermudah pekerjaan dalam hal pengelolaan data, penyajian informasi serta data hasil produksi akan termonitor oleh pihak dinas mengenai hasil produksi ikan. Kesimpulan penelitian ialah dengan adanya aplikasi ini pengelolaan data menjadi lebih effesien dan efektif karena hanya melakukan 1 kali penginputan data selain itu penyajian informasi dari kedua belah pihak saling terintegrasi, dikarenakan aplikasi ini memiliki sistem basis data yang dapat diakses melalui perangkat komputer dan terhubung ke internet.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

[1]
E. . Dwi Novian dan F. Fadilah, “Model Aplikasi Integrasi Hasil Produksi Ikan Berbasis Web Pada Dinas Kelautan Dan Perikanan ”, GenIT J. Bung. Ram. Info, vol. 1, no. 1, hlm. 1–16, Des 2022.

Terbitan

Bagian

Articles